Cari Blog Ini

Rabu, 27 Mei 2020

Aplikasi Keren buat Diet Pemula

Step Satu

Diet itu sebenarnya ga melulu nurunin berat badan. Diet berarti pengaturan pola makan. Pola makan ini diatur sesuai status gizi dan kesehatan seseorang.

What it's means? 
Artinya langkah pertama kita sebelum diet minimal adalah nentuin status gizi tubuh kita. 
Gimana caranya?
Nah untuk yang satu ini ga perlu ribet, kita tinggal unduh aplikasinya aja Google Play, salah satunya BMI Calculator. 
Supaya ga bingung pakainya,berikut tutorialnya
Nah dari aplikasi ini aku dapat informasi
BMI alias Body Mass Index aku 28,60.
Dari angka BMI ketahuan kalau status aku overweight ya... Ini yang nentuin diet aku berarti buat nurunin BB. (Hiks ngeri..., ini harus jadi motivasi dan semangat untuk ikhtiar Menuju Ideal).
Bukan cuma soal penampilan ya Guys, kenyataannya overweight itu lebih rentan terhadap penyakit, so... let's start to cut it...

Btw aplikasi ini komplit lo,
Kita juga bisa ngukur body fat kita, cuma pakai 3 ukuran udah ketemu angkanya. 
Siapin aja meteran/metlin terus ukur:
1. Lingkar perut (bagian pinggang yang paling kecil)
2. Lingkar leher (bagian leher agak bawah)
3. Lingkar pinggang (bagian pingga yang paling lebar)
Dari aplikasi ini angka body fat aku bombastis banget, nyentuh 40.
Uwoow banget, ketahuan banget ga pernah olah raga ( reflek tutup muka, pipi merah).
Mesti atur strategi ni cara supaya bakar body fatnya lebih cepet. Kita bahas di next post ya...

Oh ya, yang ga kalah penting adalah kita juga dapetin angka BMR, ini kebutuhan kalori harian untuk menjaga seluruh sistem tubuh kita berjalan dengan baik ya... 
BMR aku 1.527,60 Kalori,
Dibagian bawah angka BMR ditampilin juga perkiraan kebutuhan kalori harian kita lho guys, lihat ni..
Kalau aku dengan aktifitas sebagai ibu rumah tangga sekaligus guru, mungkin lebih masuk ke Lightly active jadi kebutuhan kalori hariannya sekita 2100 kalori kalau mau maintenance ya alias jaga berat badan. 
Nah tapi kan aku maunya ideal tu, jadi kita hitung idealnya berapa ya dengan tinggi aku 163 cm. 
Kita pakai aplikasi ini: 



apk Hitung Kebutuhan Kalori Harian

Caranya gampang, ikutin step berikut

Ini aplikasinya lengkap banget juga, ngebantu banget buat yang baru mulai diet, karena ga cuma ngitungin berat ideal, tapi juga ngitungin porsian kalori tiap kali makan dengan target penurunan BB yang aman yaitu 1/2 kg sampai 2 kg per bulannya. 
Bahkan ada diary yang bisa dipakai untuk mastiin kalori yang masuk dengan list makanan yang cukup banyak. Keren pokoknya, 
Kalau mau aplikasi penghitung kalori yang lain, kalian bisa juga pakai Fat Secret, karena pustaka makanannya juga lengkap banget. 
Oke deh, 
Step Satu Done ya...
Kesimpulannya: 
Status aku overweight, aku harus nurunin 20 kg Menuju Ideal, kalau aku mau turun 2 kg perbulan dengan berarti kalori harian yang harus aku penuhi 1440 kalori perhari.

Baiklah, next post berarti kita susun menu 1 minggu dengan total 1440 kalori perhari. 
Suip...
See You Guys...
Stay Health
Stay Happy
#Menuju Ideal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar