Cari Blog Ini

Rabu, 15 Agustus 2012

Cantik & (Tetap) Syar'i di Hari Nan Fitri

Tips Memilih Gaya Hijab dan Busana Muslimah

Cantik, setiap perempuan tentu mendambakannya, apalagi di hari se-istimewa Idul Fitri.Kecantikan ini biasanya ditonjolkan dari make up, gaya berhijab dan berbusana pada hari itu. Pada post kali ini kita akan berbagi “Tips Memilih Gaya Hijab dan Busana Muslimah” untuk perayaan Idul Fitri 1433 H.

Utamakan Kenyamanan

Pertimbangan utama saat kita memilih gaya hijab dan busana muslimah adalah kenyamanan, baik kenyamanan yang dirasakan karena perasaan kita atau pun kenyamanan hijab atau busana itu saat dikenakan.
Kenyamanan dari segi perasaan dipengaruhi tingkat kepercayaan diri kita saat mengenakannya. Sebagus apapun hijab dan busana yang dikenakan kalau pemakainya tidak percaya diri tentu dia akan berpikir orang-orang melihatnya dengan tatapan aneh sehingga dia akan terlihat kikuk sendiri. Usahakan untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan kepribadian kita, boleh tampil beda tetapi tetap pada rambu-rambu kewajaran.
Kenyamanan hijab dan busana saat dikenakan biasanya dipengaruhi jenis kain dan warnanya. Pilihlah kain yang mudah menyerap keringat karena akan memberi rasa dingin dan sejuk saat dikenakan. Lalu usahakan memilih warna-warna yang tidak mudah menyerap panas sehingga kita tidak kepanasan bila harus berada di bawah teriknya matahari.

Sesuai Bentuk

Baik memilih gaya hijab ataupun busana hendaknya kita sesuaikan dengan bentuk yang ada pada kita. Pilihan gaya hijab harus sesuai dengan bentuk wajah, sedangkan pilihan busana muslimah harus sesuai dengan bentuk tubuh. Adapun pilihan gaya hijab yang sesuai bentuk dapat kita baca di http://female.kompas.com/read/2012/08/07/10322128/Memilih.Jilbab.Sesuai.Bentuk.Wajah, sedangkan untuk pilihan busana muslimah yang sesuai bentuk tubuh dapat kita baca di http://life.viva.co.id/news/read/340949-tips--busana-muslim-sesuai-bentuk-tubuh. Kedua link ini setelah saya baca dapat memberi masukan yang bagus untuk kita.

Tetap Syar’i

Nah, yang terpenting dari semua itu adalah bahwa apa yang menjadi pilihan kita harus tetap sesuai dengan ajaran agama kita. Islam mengajarkan pada kita untuk menutup aurat kita dan tidak memperlihatkan lekukan tubuh berlebihan apalagi tembus pandang atau transparan.
Putri Rosululloh SAW, Fatimah binti Rosululloh SAW pernah berpesan kepada Asma’: “Wahai Asma’! Sesungguhnya aku memandang buruk perilaku kaum wanita yang memakai pakaian yang dapat menggambarkan tubuhnya...)” (Dikeluarkan Abu Nu’aim dalam Al Hilyah dan Baihaqi.)


Alhamdulillah,


Semoga bermanfaat dan barokah...


Amiiin...













Tidak ada komentar:

Posting Komentar