Cari Blog Ini

Rabu, 15 April 2020

Cara Ampuh Cegah Belah Luka Bakar Karena Knalpot


Luka bakar “kesenggol” knalpot sering terjadi di sekitar kita, bahkan menimpa diri sendiri. Sayangnya tidak banyak yang tahu pertolongan pertama untuk mengatasinya. Kebanyakan justru salah jurus. Alih-alih mengobati luka bakar, luka malah jadi melepuh sampai berbekas dan meninggalkan belang. Ough! Belang membandel, belang menyebalkan.

Luka bakar sebenarnya bisa dihindari dengan mengalirkan panas yang terlanjur menyengat kulit. Hal ini dikarenakan panas dapat berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Caranya dengan mengalirkan air ke area yang terluka kurang lebih selama 15 menit, dapat juga dengan cara direndam. Cara ini dapat mencegah kulit melepuh, karena tubuh tidak perlu mengeluarkan cairannya untuk menetralkan panas. Namun demikian mendinginkan dengan es justru akan memperparah luka. Pemberian pasta gigi juga tidak disarankan karena hanya akan memberi sensasi dingin tanpa mengalirkan panas kulit pun akan tetap melepuh.



Gambar Telur Mentah


Cara lain yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan mengoleskan putih telur secara berulang pada area luka, dengan catatan luka bakar ringan. Putih telur mampu menyerap panas dengan baik sehingga kulit tidak melepuh, apalagi berbelang. Jika Anda menginginkan yang praktis, saat ini telah tersedia gel untuk pertolongan luka bakar. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar